Thursday 25 October 2012

Penerapan Hukum Newton III pada Olah Raga Dayung

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang

Olahraga dayung semula dikenal sebagai suatu cara transportasi dan penyelamatan diri selama masa peperangan di laut. Negara-negara seperti Yunani dan Viking dikenal dengan perahu-perahu dayungnya yang dikemudikan oleh banyak pedayung handal (mencapai 30 pedayung dalam 1 perahu). Seiring dengan perkembangan zaman olah raga dayung tersebut semakin populer diberbagai negara salah satunya diIndonesia.

Kegiatan mendayung juga memerlukan teknik-teknik untuk mendayung agar perahu bergerak sesuai dengan yang diharapkan. Berbicara tentang teknik mendayung hanya dikenal dua macam kayuhan yaitu dayung maju dan dayung mundur. Jika menginginkan perahu bergerak kedepan maka digunakan dayung maju sedangkan dayung mundur untuk menghentikan perahu yang sedang bergerak maju atau memang menginginkan perahu bergerak mundur. Jika ingin membelokkan perahu ke kanan maka tangan kiri mendayung maju dan tangan kanan mendayung mundur,dan sebaliknya jika ingin membelok kekiri.

Jika kita meninjau lebih jauh didalam perkembangan teknik mendayung maka terlihatlah konsep fisika yang mendasarinya. Faktor utama yang paling mempengaruhi kecepatan perahu adalah daya dorong perahu (propulsion). Mekanisme pergerakan perahu dalam air mengikuti Hukum III Newton tentang aksi dan reaksi. Menurut hukum ini, setiap gaya aksi selalu mendapatkan gaya reaksi yang besarnya sama tetapi pada arah yang berlawanan.

Berlatar belakang dari uraian tersebut diatas penulis tertarik untuk membahas tentang Aplikasi Hukum III Didalam Olahraga Dayung. Dan menjadi judul dari koloqium ini.

1.2.Rumusan Masalah

Adapun yang menjadi permasalahan didalam makalah ini adalah Aplikasi Hukum Newton III didalam olah raga dayung

1.3.Batasan Masalah

Yang menjadi batasan masalah yang dimaksud didalam makalah ini hanya membahas tentang Hukum Newton III yang terdapat didalam olah raga dayung.

1.4.Tujuan Penelitian

Untuk membahas Hukum Newton III yang terdapat didalam olah raga dayung

1.5.Manfaat

Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah

1. Bagi Peneliti, sebagai bahan pelengkap mata kuliah seminar fisika

2. Bagi Mahasiswa atau Pembaca dapat menjadi salah satu bahan bacaan tentang aplikasi konsep fisika didalam olahraga dayung

0 komentar: