Friday 27 September 2013

Tugas I–Psikologi Kognitif

TUGAS INDIVIDU-I : Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan baik dan benar, dengan mengacu pada Refensi.

1. Dalam teori perkembangan Piaget dikenal dengan istilah-istilah “Bagan, Asimilasi, Akomodasi, Ekualibrasi”. Coba Anda jelaskan apa maksud dari ke-4 istilah tersebut secara rinci.

2. Ada empat tahap perkembangan kognitif menurut Piaget, yaitu tahap Sensorimotor, tahap Pra Operasional, Tahap Operasioanal Kongkrit, dan tahap Operasional Formal. Jelaskan secara rinci tahap-tahap tersebut disertai contoh-contohnya.

3. Sebutkan Tokoh-tokoh yang bertentangan dengan Piaget dan yang mendukung Piaget, serat kemukakan pendapat-pendapat tokoh tersebut yang bertentangan dan mendukung Piaget dalam hal berikut :

a. Ketepatan objek

b. Egosenrisme

c. Animisme

d. Konservasi

e. Tahapan Operasional Konkrit

f. Tahapan Operasional Formal

g. Faktor bahasa dan sosial

4. Jelaskan implikasi teori Piaget dalam pendidikan yang meliputi :

a. Peran Guru,

b. Kesiapan belajar,

c. Belajar aktif,

d. Belajar dari kekeliruan,

e. Interaksi teman sebaya,

f. Penggunaan materi nyata, dan

g. konsep baru.

******

Jawaban

1. Maksud dari teori piaget adalah perkembangan intelektual yang dikenal dengan istilah “Bagan, Asimilasi, Akomodasi, Ekualibrasi”, berikut penjelasan tentang istilah tersebut:

Schema/bagan adalah struktur kognitif atau serangkaian perilaku terbuka secara sistematis yang digunakan oleh manusia untuk mengadaptasi diri terhadap lingkungan (barang, orang, keadaan, kejadian) dan menata lingkungan ini secara intelektual. Misalnya, skema memegang adalah kemampuan umum untuk memegang sesuatu..===>>>>>>>> Lebih lanjut jawaban dapat didownload disini

0 komentar: